Kamis, 01 Oktober 2015

Pantai Papuma


Tempat wisata jember paling popular

Pantai Papuma


Jember yang berbatasan dengan samudra selatan, daya tarik wisata salah satunya adalah pantai



Di sekitar pantai juga terdapat sebuah gua yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, gua tersebut adalah goa lawa yang memiliki kedalamam sekitar 30 meter. Para wisatawan hanya dapat memasuki goa ini apabila air laut sedang surut.

Menurut mitos masyarakat lokal, gua tersebut dipercaya sebagai tempat bersemayamnya putri penguasa laut selatan, juga dipercaya sebagai tempat bertapanya kyai mataram. Pantai Papuma ini adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi.











Di sepanjang pantai Papuma terdapat pasir putih yang bersih dan indah, dan memungkinkan para wisatawan asing yang datang untuk berjemur di pantai tersebut. Disamping keindahan alamnya, pantai ini juga kaya akan fauna seperti Biawak, Ayam Alas, burung-burung dengan ragam jenisnya, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling.

Di pantai ini disediakan beberapa sarana pendukung bagi mereka yang ingin menikmati suasan Papuma lebih lama, seperti penginapan dan bumi perkemahan. Saat matahari terbenam, suasana di pantai Papuma akan semakin indah untuk dinikmati. Senja yang temaram dan desir laut yang semakin bergemuruh menimbulkan suasan drmatis yang enggan untuk ditinggalkan.





Pantai ini merupakan pantai yang paling eksotis di Jawa Timur karena memiliki laut yang menawan dengan pantai yang hijau ke biruan membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh warga asli Jember maupun pendatang.

Anda akan melewati wisata hutan yang ditanami  pohon jati sebelum ada masuk kedalam pantai. Setelah kita masuk ke gerbang area wisata kita kan melihat hutan yang alami yang masih menyimpan berbagai macan flora dan fauna tropis seperti Lutung yang banyak bergelantungan di pohon.

Setelah kita melewati hutan Malikan kita akan melihat pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan pasir putih yang bersih. Di sebelah barat pantai terdapat perahu nelayan yang sedang bersandar. Anda juga bisa membeli langsung ikan dari nelayan yang baru saja bersandar sehingga anda bisa membakar ikan di pinggir pantai Papuma.

Selain pantai ada juga banyak batu karang yang orang lokal sebut dengan nama “atol-atol” yang berdiri di dekat pantai seperti pulau-pulau karang. Terdapat tujuh karang bersar yang ada di pantai papuma Jember, ketujuh karang tersebut memiliki nama-nama tersendiri yaitu pulau Narada, pulau nusa Barong pulau Batara Guru, pulau Kresna, pulau kajang dan pulau Kodok. Disaat ombak pasang membuat pemandangan semakin indah bila kita melihatnya dibawah sitinggil karena kita melihat bongkahan karang yang diterjang ombak besar.

Disaat ombak mulai surut kita bisa turun dan berdiri diatas batu karang, namun kita harus berhati-hati karena batu karang mempunyai bentuk yang kasar dan tajam, sehingga kita bisa terluka apabila tidak berhati-hati. Pada saat surut kita juga bisa melihat ikan di sekitar karang, ikan kecil-kecil yang menghuni karang akan terlihat ketika laut sedang surut.

Harga Tiket Masuk Wana Wisata sangat murah dan terjangkau dan telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Administratur Perum Perhutani KPH Jember yaitu Hari biasa Rp 5.000,00 dan pada hari libur Rp 7.000,00. Sedangkan kendaraan yang masuk area pantai dikenakan biaya roda 2 dengan biaya Rp 1.000,00 sedangkan roda 4 dikenakan biaya 2.000,00 dan lebih dari roda 4 yaitu Rp 6.000,00.

Apabila anda yang ingin bermalam di pantai papuma penginapan, pihak pengelola wisata yaitu perhutani menawarkan banyak pondok dan cottage dengan harga 150-450 ribu rupiah dengan wasilitas yang berbeda sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Namun jika anda menginginkan menginap di hotel maka anda harus pergi mencari pantai papuma hotel yang letaknya di dekat kota jember dengan tarif yang lebih murah yaitu antara 70 ribu – 100 ribu kamar tanpa AC dengan fasilitas kamar mandi dalam, TV dan single bed atau dengan harga 120 ribu keatas anda akan mendapatkan fasilitas TV, AC, kamar mandi dalam, dan sarapan pagi. Beberapa penginapan itu seperti Hotel Cendrawasih, Hotel Merdeka dan Hotel Bintang Mulia.






0 komentar:

Posting Komentar